Menteri Desa PDTT Kunjungi Kabupaten Sumedang - Hasanah

Menteri Desa PDTT Kunjungi Kabupaten Sumedang

Hasanah.id – Menteri Desa  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan di Kabupaten Sumedang Jumat (4/6).

Rombongan Menteripun diterima Bupati  H Dony Ahmad Munir di Gedung Negara. Dalam kesempatan tersebut dilakukan Peluncuran Program Desa (Cinta Statistik) Cantik Simpatik, Integrasi e-Sakip Desa dengan SID serta Penandatanganan MoU Kementerian Desa PDTT RI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dan Badan Pusat Statistik.

Menteri Abdul Hakim Iskandar memberikan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Sumedang yang sudah mengembangkan e-SAKIP Desa (Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Desa) karena sinergi dengan program SDGs Desa (Sustainability Development Goals Desa).

“SAKIP Desa dan SDGs Desa dihadirkan dan digerakkan dengan harapan penggunaan Dana Desa, sejak perencanaan sampai dengan pelaksanaan dan evaluasinya bisa optimal,” kata menteri.

Dijelaskan Menteri, ke depan harapannya Dana Desa diarahkan untuk menanggulangi kemiskinan. Baru berikutnya menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan yang berdampak pada penurunan angka kemiskinan. Misalnya pembangunan jalan desa, embung desa dan yang lainnya.

“Kami  akan mengusulkan ke Mendagri agar inovasi daerah yang bagus seperti e-SAKIP Desa ini ditampilkan oleh kementerian dan direplikasikan ke daerah lainnya,” kata menteri.

Bupati H Dony Ahmad Munir mengatakan pasca diluncurkannya inovasi e-SAKIP Desa, kinerja Pemerintah Desa meningkat signifikan. Demikian juga berbagai indikator pembangunan mengalami perbaikan. Angka kemiskinan dan stunting menurun, adapun IDM mengalami peningkatan yang mengesankan. 

“Saat ini di Sumedang sudah tidak ada lagi desa tertinggal. Sebaliknya kini ada 31 desa mandiri, 103 desa maju dan 136 desa berkembang,” ungkap Dony.

SAKIP Desa ini mendorong tata kelola Pemerintahan Desa berbasis kinerja dan berorientasi hasil. Ada  tiga indikator kinerja yang setiap tahunnya diperjanjikan oleh Kepala Desa dan Camat, yakni penurunan angka kemiskinan, penanganan stunting dan peningkatkan kualitas pelayanan publik. Bahkan lanjutnya kini SAKIP Desa di Kabupaten Sumedang sudah berbasis digital menjadi e-SAKIP Desa dan diintegrasikan ke dalam Super Aplikasi e-office Desa. 

“Semua perangkat desa di Sumedang sudah mempunyai akun e-office dan semua Kepala Desa sudah bisa melakukan tanda tangan digital,” tambahnya.

Total
0
Shares
Related Posts