Permohonan Pemkab Sumedang Terkait Relokasi Korban Longsor Cimanggung Dikabulkan KemenPUPR

tangkap layar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Dr. Ir. H. Khalawi AH, MSc, MM, saat berbicara dalam kegiatan Rakor secara virtual /kabar-priangan.com
tangkap layar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Dr. Ir. H. Khalawi AH, MSc, MM, saat berbicara dalam kegiatan Rakor secara virtual /kabar-priangan.com

Hasanah.id, Sumedang – Pemkab Sumedang beberapa waktu yang lalu mengajukan permohonan rekolasi rumah secara permanen untuk korban longsor di Cimanggung kepada Kementerian PUPR. Permohonan ini telah dikabulkan KemenPUPR dengan merealisasikan bantuan pembangunan 30 unit rumah untuk relokasi warga terdampak bencana longsor.

“Kami akan menindaklanjuti. Mudah-mudahan proses persiapan lelang bulan depan bisa dilaksanakan secepatnya. Kami titip agar administrasi jangan sampai ada yang salah karena tidak boleh dibangun di lahan milik swasta,” ucap Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Khalawi saat rapat koordinasi bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang dihelat secara virtual, Rabu (1/9/2021).

Menurut H. Khalawi, permohonan bantuan rumah untuk relokasi warga terdampak longsor di Cimanggung yang disampaikan Bupati Sumedang ini, akan segera ditindaklanjuti.

Jika tidak ada kendala, kata dia, proses lelang untuk proyek pembangunan 30 unit rumah bagi korban longsor ini, kemungkinan sudah dapat mulai dilaksanakan pada bulan depan.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menuturkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah menyiapkan beberapa alternatif lahan untuk relokasi.

Lahan-lahan yang dimaksud adalah sebuah lahan di Cinanjung Tanjungsari, tanah milik pengembang PT SBG yang dihibahkan kepada Pemkab Sumedang, dan lahan milik Perumahan Pondok Daud yang berada di Desa Cikahuripan.

Menurut Dony, dari ketiga lahan tersebut, yang sudah memenuhi syarat tempat relokasi dan lengkap administrasinya baru lahan di Cinanjung dan di Perumahan SBG.

Sebelumnya, secara maraton Bupati Dony Ahmad bersama jajaran Pemkab Sumedang mendatangi kantor BNPB, Kementerian Sosial RI dan Kementerian PUPR di Jakarta untuk membahas permohonan rekolasi korban longsor di Cimanggung.

Total
2
Shares
Related Posts