NASIONAL | Pesawat Kepresidenan Mendarat di Jawa Timur

Pesawat Kepresidenan dengan Warna Baru Mendarat di Jawa Timur

Pesawat Kepresidenan Indonesia
Biro Pers Sekretariat Presiden

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia, dengan ciri khas warna Merah Putih, mendarat sempurna di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Madiun. Pesawat membawa Presiden Joko Widodo beserta rombongan dalam agenda kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (19/08).

Turut serta dalam rombongan yang menaiki Pesawat Kepresidenan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Brigjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Madiun, Jokowi disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Nico Afinta.

“Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB,” tulis keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun dan meninjau vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat di Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

Pada siang harinya, Jokowi diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.

Kegiatan akan ditutup dengan mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac. Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga akan melakukan groundbreaking perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani.

Sebelumnya pengecatan ulang Pesawat Kepresidenan sempat menuai kritik dan polemik karena dilakukan di saat pandemi Covid-19. Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, pengecatan pesawat umumnya memakan biaya besar hingga Rp 2 miliar.

Pihak Istana Kepresidenan dalam hal ini Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono telah menjelaskan pengecatan Pesawat BBJ 2 telah direncanakan sejak tahun 2019, terkait dengan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2020. Dia juga menjelaskan bahwa pesawat tersebut sudah 7 tahun. Sehingga secara teknis memang harus memasuki perawatan besar atau overhaul.

Total
1
Shares
Related Posts