SIP trunk adalah sebuah inovasi dan solusi bagi bisnis yang membutuhkan peneleponan dengan frekuensi yang banyak, karena selain lebih hemat dibandingkan dengan telepon konvensional, SIP trunk juga memiliki kualitas suara yang lebih baik karena menggunakan jaringan internet. Peneleponan masih menjadi hal yang dibutuhkan oleh bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Walaupun sudah banyak saluran digital untuk berkomunikasi, namun telepon masih dianggap metode yang masih efektif untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Namun, untuk bisnis yang baru dan sedang berkembang tagihan telepon masih sering memberatkan karena tagihan biasanya disesuaikan dengan penggunaan. Selain itu telepon konvensional sering terkendala oleh jaringan dan kualitas suara yang dihasilkan, sehingga komunika atau interaksi dengan pelanggan menjadi tidak efektfi. Sebuah inovasi dan solusi bagi bisnis yang membutuhkan peneleponan dengan frekuensi yang banyak, karena selain lebih hemat dibandingkan dengan telepon konvensional, SIP trunk juga memiliki kualitas suara yang lebih baik karena menggunakan jaringan internet. Apa itu SIP trunk, dan manfaatnya bagi bisnis? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.
Apa Itu SIP Trunk?
SIP Trunk adalah layanan telekomunikasi berbasis protokol Session Initiation Protocol (SIP) yang memungkinkan transmisi suara, video, dan pesan melalui jaringan IP (internet) sebagai pengganti sambungan telepon analog tradisional. Dalam sistem ini, SIP Trunk berfungsi sebagai virtual connection antara Private Branch Exchange (PBX) internal perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN) melalui internet. Secara teknis, SIP Trunking menggunakan saluran virtual untuk memungkinkan PBX mengirim dan menerima panggilan telepon menggunakan VoIP (Voice over IP). Keuntungan utama dari SIP Trunking adalah eliminasi kebutuhan akan sambungan T1 atau E1 fisik, karena semua komunikasi terintegrasi melalui jaringan data perusahaan, yang memungkinkan komunikasi yang lebih fleksibel dan efisien dengan biaya lebih rendah.