Usaha kecil dan menengah merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini. Dalam proses penjualannya banyak UKM yang memanfaatkan media Instagram untuk mempromosikan barangnya.
Sebagai layanan berbagi konten visual dengan lebih dari 25 juta akun bisnis secara global, Insagram telah menjadi sebuah wadah untuk menghubungkan pengguna dengan bisnis yang mereka sukai.
Melalui Instagram juga, banyak anak muda yang terdorong untuk memulai dan mengembangkan bisnis sesuai dengan minat mereka.
Kepala Kebijakan Publik Facebook dan Instagram Indonesia, Ruben Hattari, mengatakan bahwa hasil studi yang dilakukan oleh Instagram dan IPSOS di bulan Agustus 2018 menunjukkan bahwa Instagram telah membantu wirausahawan muda di Indonesia (pemilik bisnis yang berusia dibawah 35 tahun) meraih kesuksesan.
“Bahkan data internal Instagram menunjukkan bahwa #bisnisanakmuda menjadi salah satu hashtag yang paling banyak digunakan di Indonesia sepanjang tahun 2018,” ujar Ruben saat jumpa pers di Aston Hotel Pasteur, Jalan Dr. Djunjunan No. 162, Jumat (2/8/2019).