Dorong Wirausahawan Muda Berkembang, Instagram Gelar Akademi Instagram - Hasanah

Dorong Wirausahawan Muda Berkembang, Instagram Gelar Akademi Instagram

Usaha kecil dan menengah merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini. Dalam proses penjualannya banyak UKM yang memanfaatkan media Instagram untuk mempromosikan barangnya.

Sebagai layanan berbagi konten visual dengan lebih dari 25 juta akun bisnis secara global, Insagram telah menjadi sebuah wadah untuk menghubungkan pengguna dengan bisnis yang mereka sukai.

Melalui Instagram juga, banyak anak muda yang terdorong untuk memulai dan mengembangkan bisnis sesuai dengan minat mereka.

Kepala Kebijakan Publik Facebook dan Instagram Indonesia, Ruben Hattari, mengatakan bahwa hasil studi yang dilakukan oleh Instagram dan IPSOS di bulan Agustus 2018 menunjukkan bahwa Instagram telah membantu wirausahawan muda di Indonesia (pemilik bisnis yang berusia dibawah 35 tahun) meraih kesuksesan.

“Bahkan data internal Instagram menunjukkan bahwa #bisnisanakmuda menjadi salah satu hashtag yang paling banyak digunakan di Indonesia sepanjang tahun 2018,” ujar Ruben saat jumpa pers di Aston Hotel Pasteur, Jalan Dr. Djunjunan No. 162, Jumat (2/8/2019).

Melihat semakin pesatnya kemunculan bisnis anak muda, Instagram pun meluncurkan program pelatihan bernama Akademi Instagram yang akan diadakan di Aston Pasteur, pada Sabtu (03/08/2019).

Pelatihan ini didesain secara khusus bagi wirausahawan muda di Indonesia untuk membantu mereka menjangkau pasar konsumen yang lebih luas.

“Kami melihat potensi luar biasa dari para wirausahawan muda di Indonesia. Melalui program Akademi Instagram adalah sebuah komitmen berkelanjutan dalam menginspirasi dan mendorong para wirausahawan untuk mencapai bisnis mereka,” ujar Ruben.

Akademi Instagram dirancang secara khusus untuk para wirausahawan muda berusia di bawah 35 tahun yang sudah menjalani bisnis setidaknya selama satu tahun.

Program ini tersedia secara gratis bagi bisnis yang bergerak dalam salah satu kategori dari 16 subsektor industri kreatif Bekraf.

Program Akademi Instagram bekerja sama dengan Kreavi yaitu platform digital yang memiliki fokus memberdayakan para kreator visual Indonesia.

CEO Kreavi, Anto Motulz mengatakan bahwa jumlah peserta yang ikut kegiatan ini mencapai ribuan, tetapi ada proses kurasi di dalamnya.

“Jumlah peserta dari tiga kota yaitu Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta jumlahnya 1.000, lalu akan dipilih 10 UKM dari masing-masing kota lalu dipilih lima pengusaha yang akan menjadi percontohan,” ujar Anto.

Anto menjelaskan, selama ini Bandung dikenal dengan orang-orangnya yang kreatif dan jago desain tetapi bisnisnya belum kuat.

“Peserta yang telah lolos kurasi akan mendapatkan ilmu pengetahuan bisnis dengan rangkaian sesi pelatihan. Peserta akan belajar fitur-fitur bisnis instagram, membuat konten menarik untuk pemasaran produk, dan strategi promosi yang tepat,” ujarnya.

Industri ekonomi kreatif semakin berkembang dengan adanya kemudahan akses internet dan media sosial.

Adanya Akademi Instagram tentunya akan mendorong para wirausahawan muda untuk lebih semangat dalam berkreasi dan berkarya.

Total
0
Shares
Related Posts