Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Tidak Akan Bahayakan Kota Bandung - Hasanah

Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Tidak Akan Bahayakan Kota Bandung

Kekuatan Erupsi Gunung Tangkuban Parahu dinilai tidak akan membahayakan bagi Kota Bandung dan sekitarnga. Pasalnya, aktifitas erupsi Gunung Tangkuban Perahu dari waktu ke waktu hanya erupsi freatik atau semburan uap saja.

Hal tersebut diungkapkan, Mantan kepala Geologi Kementrian ESDM Surono atau Mbah Rono, saat ditemui di sela-sela acara “Ngobrol Serius Kebencanaan” di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda, Kota bandung, Sabtu (3/8).

“Tangkuban parahu begitu-begitu aja mulai abad 19 letusannya seperti itu freatik gitu aja 2013 juga. Saya enggak menghawatirkan letusan freatik yah bisa bahayakan bandung,” ucapnya.

Menurutnya, kejadian erupsi freatik Gunung Tangkuban Parahu merupakan peristiwa alam biasa. Erupsi freatik, lanjut Mbah Rono, terjadi ketika magma memanaskan air tanah atau air permukaan. 

Suhu ekstrem dari magma menyebabkan penguapan. Erupsi freatik sama sekali tidak memuntahkan magma segar. Intensitas erupsinya juga umumnya kecil.

“Pelepasan energi seperti kemarin adalah salah satu keniscayaan dari tata geologi Indonesia gada yang aneh,” pungkas Mbah Rono.

Perlu diketahui, Gunung Tangkuban Parahu terus melepaskan energi secara stimultan. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Tangkuban Parahu 8 kali erupsi sejak Kamis (1/8) malam hingga Jumat (2/8) sore.

Dari rekaman seismogram di pos pemantauan Gunung Tangkuhan Parahu, aktivitas vulkanik berada di rentang amplitudo 5-30 mm, bahkan sesekali hingga 50 mm. Saat ini status Gunung Tangkuban Parahu pun berada di level 2 (waspada).

Total
0
Shares
Related Posts