HASANAH.ID, KOTA BANDUNG – Humas Jabar Award (HJA) 2024 kembali diselenggarakan dan _kickoff_ sudah dilaksanakan dalam acara IKP Talk pada 30 Agustus 2024.
Pengiriman materi yang dilombakan pada HJA 2024 sudah dapat dilakukan dari tanggal 1 hingga 30 September 2024 ke panitia lomba. OPD dan pemda kabupaten dan kota di Jawa Barat sudah dapat mengirimkan materi lomba.
Penjurian dilaksanakan dari tanggal 1-20 Oktober dan pemenang akan diumumkan pada 31 Oktober.
Kepala Bidang IKP Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Viky Edya Martina Supaat menyebutkan, ada sejumlah kategori yang dilombakan baik di tingkat OPD Jabar, pemkab/kota hingga di kelompok kecamatan, pesantren, dan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).
“Untuk kategori OPD Jabar dibagi dalam tiga kategori, yakni progres media sosial, performa konten dan narasi tunggal, dimana akan diturunkan dalam beberapa sub kategori,” ujarnya.
Pada kategori progres medsos dibagi dalam empat sub kategori, meliputi _rising followers of the year, rising activity of the year, rising interaction_, dan _rising responsiveness_.
Kategori performa konten diturunkan dalam sub kategori _creative editing of the year, FYP of the year, informative of the year, view of the year, tweet of the year_, dan _aesthetic of the year_.
Sementara kategori narasi tunggal dibagi dalam sub kategori _collab narasi of the year, reach narasi of the year_, dan _trending narasi of the year_.
Bagi pemda kabupaten dan kota di Jabar dapat mengikuti HJA 2024 pada dua kategori, yakni kategori sosial media dan kategori kontribusi pada website resmi Pemdaprov Jabar, www.jabarprov.go.id.
“Setiap kota dan kabupaten akan dipisah. Jadi kota akan bersaing dengan kota demikian juga wilayah kabupaten,” ujar Viky.
Tahun ini HJA 2024 juga memberikan penghargaan kepada tingkat kecamatan, desa/kelurahan, pesantren, juga KIM dalam pengelolaan media sosialnya.
*Membangun citra positif*
Viky menambahkan, HJA merupakan bagian dari upaya membangun citra positif Pemda Provinsi Jawa Barat, perangkat daerah Provinsi Jabar, dan _stakeholders_ yang bekerja keras dengan bersatu padu, dimana salah satu strategi yang digunakan adalah dengan menyebarkan informasi melalui kanal digital, terutama media sosial.
Humas Jabar Awards juga sebagai ajang prestisius untuk mengapresiasi kinerja seluruh _stakeholders_ dalam menciptakan citra positif Pemdaprov Jabar.
Dengan semangat kerja sama dan solidaritas, Humas Jabar Awards 2024 bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada semua _stakeholders_, termasuk perangkat daerah Provinsi Jabar, pemda kota dan kabupaten, kecamatan, kelurahan, desa, pesantren, dan KIM di Jabar.
Dalam IKP Talk #12 ini juga menghadirkan praktisi media sosial dan fotografer Dudi Sugandi.
Dalam paparannya, Dudi memberikan tips dalam membuat konten di media sosial yang benar agar banyak dibaca.
“Pertama adalah membuat terbiasa dalam bikin konten, yang sederhana saja, dan sering membuat stori di medsos,” ujarnya.
Ia juga mengajarkan cara membuat akun medsos yang menarik dan membuat kategori yang memudahkan pembaca untuk mencari konten.
“Pembaca itu mencari sesuai kategori, _keyword_ atau SEO yang sedang ramai. Jadi buatlah kategori dari setiap konten yang di-_upload_,” ungkapnya.
Menurut Dudi, ada tiga prinsip yang harus dipahami dalam membuat konten medsos, yakni relevan dengan audiens, mempunyai nilai tambah, dan dikemas dengan menarik. (**)