Lebih lanjut, Lintasarta juga telah menerapkan langkah-langkah preventif, seperti menganalisa pola trafik sebelumnya, mengoptimalkan rute jaringan agar aliran data lancar dengan latensi rendah, serta menyediakan jalur alternatif untuk mencegah terjadinya kemacetan (bottleneck) pada jaringan. Selain itu, kapasitas jaringan juga ditingkatkan untuk mengakomodasi lonjakan trafik sehingga memastikan layanan tetap andal dan berkualitas tinggi guna mendukung kebutuhan digital masyarakat Indonesia selama periode liburan.
Sebagai bagian dari komitmen terhadap kualitas layanan, perusahaan juga meluncurkan inisiatif “Lintasarta Siaga” mulai 21 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Lintasarta Siaga akan mengoptimalkan operasional Command Center Lintasarta dengan pengintegrasian operasional Network Operation Center (NOC), Security Operation Center (SOC) dan Cloud Operation Center (COC) untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan intensif selama 24/7 terhadap infrastruktur jaringan, cloud, dan cybersecurity secara nasional, termasuk mitigasi risiko yang mungkin muncul, seperti gangguan sistem, pemadaman listrik, atau keadaan darurat lainnya.