Narapidana dan Petugas Rutan Kebonwaru Berkolaborasi, Membuat Album Musik - Hasanah

Narapidana dan Petugas Rutan Kebonwaru Berkolaborasi, Membuat Album Musik

Warga Binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Bandung atau Rutan Kebon Waru Bandung berkolaborasi dengan petugas Rutan dalam menggarap Album, musik yang mereka buat terdiri dari 10 lagu.

“Nama albumnya ialah “Bang Japra” yang merupakan singkatan dari “Jajaran Petugas Penjara”. Album dan sepuluh judul lagu ini tekah memiliki sertifikat dari HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) Kemenkumham yang dikeluarkan pada 24 Juli 2019,” kata Kepala Rutan Kelas I Bandung Heri Kusrita di Rutan Kebon Waru, Jumat (2/8/2019).

Heri mengatakan, awal mula terbentuknya grup musik yang bernama BKW29 dari seorang sipir yang bernama Asep. Asep melihat banyak waktu luang napi yang terbuang begitu saja selama menjalani hari-hari di dalam penjara.

BKW 29 adalah singkatan dari Band Kebonwaru dan 29 adalah nomor kantor Rutan yang ada di Jalan Jakarta No 29, Kota Bandung.

Seorang personel band yang merupakan narapidana kasus tipikor, Hendra Ramdhan mengatakan dalam grup tersebut ia termasuk senior baik secara usia maupun lama masa tahanan.

“Ini tercipta berawal dari permasalahan di rutan. Awalnya saya ingin mengalihkan pemikiran saya dari hukuman yang saya jalani. Saya divonis 7 tahun, ditahan sejak tahun 2012. Melalui grup ini, saya bisa mengisi waktu luang ke hal positif. Jika waktu diisi dengan latihan, tidak akan terasa,” kata Hendra Ramdhan.

Sebelum menjadi penghuni rutan, Hendra hanya memiliki keahlian musik bermain gitar. Namun karena keinginan tahuan yang tinggi dan giat berlatih, ia menjadi ahli bermain keyboard dan bahkan menjadi pelatih musik serta jadi koordinator.

Lagu favorit yang cukup ngehits ialah Dikeong Lagi.

Heri menambahkan “dikeong” ini sudah menjadi bahasa keseharian napi di seluruh Indonesia.

“Makanya setiap petugas penjara dan warga binaan atau eks warga binaan sekalipun jika mendengar Dikeong Lagi pastilah langsung teringat suasana di dalam penjara,” kata Heri.

Album CD Bang Japra karya Rutan Bandung ini sudah beredar tapi masih di lingkungan internal Kemenkumham.

Personel bandnya ialah vocal Adriana, gitaris Egi Sugiri , basis Agung Zulki, keyboardis satu Irwan Kristian, keyboardis 2 Willy, keyboardis 3 Hendra, dan drumer Jenal.

Total
0
Shares
Related Posts