Surabaya Berhasil Menurunkan Level PPKM, Kini Berada di Level 2

Surabaya Turun Level, Kini di Level 2

Surabaya Turun Level, Kini PPKM Level 2
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Foto : Humas Pemkot

Hasanah.id, Surabaya – Surabaya saat ini berada di Level 2 berdasarkan asesmen situasi Covid-19 yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per tanggal 4 September 2021 lalu.

Turunnya situasi Covid-19 dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya, positivity rate di Kota Surabaya saat ini berada pada angka 1,61 persen, jauh di bawah standar WHO yang sebesar 5 persen.

Sedangkan untuk rasio tracing kontak erat berada di angka 1:18,47, menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia dan telah melampaui standar Kemenkes sebesar 1:15. Testing di Surabaya pun sangat masif, mencapai 58.000 dalam tujuh hari terakhir. termasuk salah satu yang tertinggi di Tanah Air dan telah melampaui standar WHO.

Sementara itu, dari data sebaran Covid-19 di Jatim yang update 4 September 2021, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Jatim ada tambahan 614 orang sehingga total akumulasi menjadi 386.569

Penurunan level ini kata Dokter Joni Wahyuhadi Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur berdasarkan pada enam indikator yaitu kasus konfirmasi pasien Covid-19, tingkat keterisian tempat tidur (BOR), angka kematian, kapasitas testing, tracing dan treatment.

Walikota Surabaya, Edi Cahyadi menyambut baik penurunan level PPKM di kotanya.

“Alhamdulillah, berkat gotong royong semuanya, kita lihat indikator-indikator pengendalian pandemi menunjukkan tren yang bagus. Mulai test, trace, semuanya masif. Itu yang kemudian membuat kita bisa cepat memutus mata rantai penularan, dan otomatis mengurangi risiko keparahan pasien karena begitu positif langsung tertangani,” kata Wali Kota Eri Cahyadi, Minggu (5/9/2021).

Eri Cahyadi yakin perekonomian bisa digerakkan lebih masif bila kondisi Covid-19 Surabaya sudah diturunkan hingga level 2.

”Sehingga level 2 mulai bisa menggerakkan ekonomi. Kami akan mengundang semua untuk memberi masukan dan apa yang baru dilakukan. Kesempurnaan ini orang hebat di Surabaya. Pemkot hanya memfasilitasi. Kami tunjukkan ini kekuatan Surabaya,” beber Eri.

Total
1
Shares
Related Posts