Survei IRI: Popularitas Jokowi di Atas Prabowo Subianto

Adapun jenis “postingan” yang dipantau berupa “share link”, status, “tweet”, “update”, gambar, serta video. Metodologi yang digunakan adalah “online realtime monitoring system” pada media massa dan media sosial yang memberitakan tentang topik tersebut.
Mulyadi mengatakan, pihaknya merilis secara keseluruhan, total perbincangan dan “postingan” seputar capres di semua kanal media, termasuk media massa sepanjang 2018 yakni, Jokowi sebanyak 27.515.000 kali dan Prabowo 19.606.000 kali.
“Adapun total pemberitaan media massa tentang capres sepanjang 2018 adalah Jokowi 6.128.000 kali dan Prabowo 3.820.600 kali,” ujarnya.
Mulyadi mengungkapkan, kenaikan juga terjadi pada Prabowo Subianto. Capres nomor urut 02 ini mengalami kenaikan popularitas pada September 2018. Yakni, jumlah berita tentang Prabowo sebanyak 315.000 kali dan “postingan” di berbagai media lainnya, termasuk media sosial, sebanyak 1.510.000 kali.
Menurut dia, peningkatan popularitas Prabowo juga meningkat drastis pada Desember 2018 dengan jumlah berita sebanyak 1.450.000 kali dan “postingan” di berbagai media, termasuk media sosial, sebanyak 8.860.000 kali.