LOKALISTIK | Bupati Jember Terima Insentif dari Kasus Covid-19

Ternyata, Bupati Jember Terima Lebih dari Rp 70 Juta dari Insentif Pemakaman Jenazah Covid-19

Bupati Jember Hendy Siswanto. /ANTARA/HO-Diskominfo Jember/

Hasanah.id – Bupati Jember, Hendy Siswanto, dan juga tiga pejabat lainnya mendapatkan masing-masing Rp 70,5 juta honor pemakaman COVID-19. Sontak hal tersebut menjadi polemik. Jumlah insentif ia diterima itu dari hitungan sesuai jumlah kasus kematian warga akibat COVID-19 di Jember.

Bupati dan pejabat lainnya menerima Rp 100 ribu untuk setiap pemakaman dengan protokol Covid-19. Dana bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Kabar yang awalnya tersebar melalui pesan berantai itu menyebutkan ada empat pejabat Kabupaten Jember yakni, Bupati Jember, Sekda Jember Mirfano, Plt BPBD Jember M Jamil, dan Kabid Kebencanaan dan Kedaruratan BPBD Jember Penta Satria. Ada total sebanyak 705 pemakaman berdasarkan data tersebut.

Bupati tidak membantah adanya insentif tersebut. Hendy menyebut pemberian honor itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) No 188.45/107/1.12/2021 yang ditandatangani oleh dirinya sendiri pada 30 Maret 2021 lalu.

“Memang benar saya menerima honor sebagai pengarah tim pemakaman, karena pada regulasi yang ada, ada pengarah, tim, ketua, dan anggota terkait monitoring dan evaluasi,” ujar Hendy kepada wartawan, Jumat, 27 Agustus 2021.

Kendati demikian, honor itu disebut tidak dipakai untuk kepentingan pribadi, melainkan diberikan kepada keluarga pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Pemberian honor bagi para pejabat itu, katanya telah sesuai dengan regulasi yang harus ada tim monitoring. Jumlah honor yang tinggi karena kasus meninggal akibat COVID-19 pada Bulan Juni-Juli di Jember tinggi.

“Setiap kegiatan ada tim monitoring, juga ada ASN, terima honor sama. Kenapa nilainya banyak karena dihitung dengan jumlah yang meninggal, karena kami harus monitor setiap yang meninggal sampai malam-pagi. Di Bulan Juni-Juli ini kasus COVID-19 tingginya korban meninggal,” ujar Bupati..

Teranyar, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Hendy sudah mengembalikan uang pemakaman Covid-19 ke kas daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember sebesar Rp 282 juta.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syafrizal ZA mengatakan, jumlah itu merupakan seluruh nominal honor yang diterima Bupati Jember, Sekretaris Daerah Jember dan dua pejabat BPBD di Jember.

Total
10
Shares
Related Posts