Tim Penilai KIJB Apresiasi SAKIP Desa Pemkab Sumedang - Hasanah

Tim Penilai KIJB Apresiasi SAKIP Desa Pemkab Sumedang

Hasanah.id – Sumedang menjadi kabupaten pertama di Jawa Barat dan di Indonesia yang memiliki gagasan untuk mengaplikasikan SAKIP Desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Organisasi Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana, M.Si saat melakukan penilaian lapangan dalam ajang Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) yang diterima di Gedung Negara, Rabu (18/11/2020).

Rombongan Tim Penilai KIJB disambut dengan Seni Kuda Renggong di halaman Gedung Negara oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati H. Erwan Setiawan, unsur Forkopimda, Sekda Herman Suryatman, para Asisten dan kepala perangkat daerah dan para camat se-Kabupaten Sumedang.

Ketua Tim Penilai Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) yang juga Kepala Biro organisasi Setda Pemprov Jabar Asep Sukmana mengapresiasi SAKIP Desa yang diplih Kabupaten Sumedang dalam kegiatan KIJB.

Menurut Asep SAKIP Desa baru ada di Sumedang dan ini akan sangat bermanfaat dalam penerapannya dilingkungan Pemerintah desa.

“SAKIP sudah ada di tingkat provinsi dan Kabupaten, namun untuk tingkat desa baru ada di Sumedanlg sehingga ini akan sangat bermanfaat,” jelas Asep.

Bahkan, lanjut Asep, kedepan bukan tidak mungkin SAKIP Desa yang baru pertama kali ada di Sumedang ini bisa diterapkan di desa desa lainnya di Indonesia.

Dikatakan Asep, saat ini uang banyak beredar di tingkat desa dan dengan adanya SAKIP Desa maka bisa dipertanggungjawabkan terkait penggunaan uang tersebut.

“Jadi dalam hal ini uang yang beredar di desa ini harus berbanding lurus dengan tingkat kesejahtraan masyarakat desa,” jelas Asep.

Total
0
Shares
Related Posts