Vaksin Virus Corona Diberikan Gratis, Jokowi Jadi Orang Pertama di Vaksin - Hasanah

Vaksin Virus Corona Diberikan Gratis, Jokowi Jadi Orang Pertama di Vaksin

Hasanah.id – Vaksinasi virus Corona (COVID-19) akan diberikan kepada seluruh masyarakat tanpa dipungut bayaran. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat video di akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020). Saat ini, sudah ada 1,2 juta vaksin Sinovac yang tiba di Indonesia. Selanjutnya, pasokan berikutnya akan datang menyusul.

Sebelumnya, vaksin Corona akan dibagi menjadi dua yaitu vaksin gratis dan vaksin mandiri. Pembagiannya antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN. Pemerintah menargetkan 182 juta orang divaksinasi, dengan porsi hanya 50% yang digratiskan, dan sisanya membayar secara mandiri.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebelumnya juga menjelaskan vaksin virus Corona (COVID-19) di Indonesia tak gratis untuk seluruh masyarakat.

“Belum final, termasuk jumlahnya. Terakhir diperkirakan ada 182 juta dari semula 107 juta. Jadi sudah naik lagi. Ini juga masih tentative, saya sebetulnya tak ada kewenangan ini. Jadi kemungkinan 50-50%,” kata dia.

Seiring berjalannya waktu dan mempertimbangkan masukan masyarakat, Jokowi memutuskan vaksin Corona untuk masyarakat Indonesia diberikan cuma-cuma. Keputusan vaksin gratis keluar setelah Jokowi mempertimbangkan masukan masyarakat dan melakukan perhitungan ulang terkait keuangan negara.

“Jadi, setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis,” kata Jokowi.

Keputusan ini diikuti dengan instruksi untuk jajaran Kabinet Indonesia Maju. Jokowi juga memberi arahan ke pemerintah daerah.

“Untuk itu saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021,” katanya.

Secara khusus, Jokowi memberi instruksi ke Menkeu Sri Mulyani. Anggaran lain diminta direalokasi untuk anggaran vaksinasi Corona gratis.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” ucap Jokowi.

Jokowi mengungkapkan dirinya akan menjadi penerima vaksin COVID-19 pertama di Indonesia. Hal ini dilakukan guna memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Dia menekankan vaksin yang digunakan aman.

“Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama divaksin, pertama kali. Agar masyarakat yakin bahwa vaksin yang digunakan aman,” kata Jokowi.

Jokowi meminta masyarakat tetap disiplin memakai masker hingga menerapkan social distancing demi kebaikan bersama.

“Terakhir saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya,” pungkas Jokowi.

Total
0
Shares
Related Posts