Curug Layung Banyak di Lirik Wisatawan - Hasanah

Curug Layung Banyak di Lirik Wisatawan

Lokasi Curug Layung

Hasanah.id, KBB – Kesejukan dan keasrian alam Cisarua menjadi salah satu daya tarik para wisatawan. Dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl), Curug Layung menjadi salah satu wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang cinta keasrian alam.

Curug Layung merupakan destinasi wisata alam berupa air terjun di tengah hutan yang masuk dalam kawasan Perhutani KPH Bandung Utara dengan luasan 15 hektare. Tepatnya berada di Kertawangi Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Selain air curug yang dingin ada juga aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini, salah satunya camping.

Tatang Haryono petugas perhutani KPH Bandung Utara di Curug Layung

Tatang Haryono petugas perhutani di Curug Layung mengatakan dari tahun ke tahun pengunjung ke Curug Layung bertambah meskipun tinggi air Curug Layung tidak terlalu tinggi. Namun, curug ini memiliki kolam alami yang cukup luas. Biasanya dijadikan area berenang bagi para pengunjung yang tahan dengan dinginnya air sungai Cimahi yang mengalir dari hulunya di daerah Situ Lembang. 

“Kurang lebih dari tahun 2016 pengeloaan Curug Layung dikerjasamakan antara perhutani dan Lembaga Msyarakat Desa Hutan (LMDH). Sehingga Curug Layung bisa seperti sekarang ini. Selain itu juga, Curug ini ada di urutan paling hulu di aliran Sungai Cimahi, ke arah hilir makin ke bawah masih ada curug lain, yakni Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Pelangi, Curug Panganten, dan Curug Lalay,”ujarnya.

Tatang mengungkapkan dengan adanya penyebaran virus corona, curug layung sempat sepi pengunjung. Karena masih pandemi covid-19 maka pihak perhutani tetap mengimbau agar para pengunjung selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M.  mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker,”ungkapnya.

Disinggung menghadapi tahun baru, Tatang mengatakan pihaknya akan melakukan penutupan sementara dari sore hari hingga pagi hari sesuai surat edaran dari KPH Bandung Utara. Hal ini kami lakukan agar wisata Curug Layung tetap kondusif.

“Akan kami tutup dari pukul 17.00 sampai dengan pagi hari tanggal 1 Januari 2021 Jadi semua aktifitas di curug layung di berhentikan sementara sesuai surat edaran yang kami terima,”

Sementara salah seorang pedagang di lokasi Curug Layung mengatakan biasanya tahun baru dan lebaran menjadi hari yang istimewa untuk meraup rijeki. Dengan adanya penutupan ini, penghasilan kami jadi berkurang.

“Mudah mudahan pandemi covid ini cepat berlalu sehingga normal kembali seperti hari hari biasanya,”pungkasnya. Kus

Total
0
Shares
Related Posts