KLM Kasih Setia 01 Terbakar saat Docking di Aertembaga Bitung - Hasanah

KLM Kasih Setia 01 Terbakar saat Docking di Aertembaga Bitung

Hasanah.id – Kapal Layar Motor (KLM) Kasih Setia 01 GT 336 milik Jeffry Theno, terbakar di sekitar PT Pathemaang Dock Yard Tandurusa, Aertembaga, Bitung, pada Rabu (04/08/2021) malam.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WITA, saat kapal dalam posisi docking. Kejadian ini diketahui pertama kali oleh Anak Buah Kapal (ABK) yang bertugas menjaga kapal tersebut.

Menurut salah satu ABK, Ronald Lewar, dirinya bersama dua ABK lainnya yakni Muhamad Ninto dan Anto Tayang, mencium bau asap dari sekitar ruang mesin kapal.

Ketiganya lalu mencari sumber asap tersebut, dan mendapati kobaran api di bagian mesin induk.

Ketiga ABK tersebut lalu berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun usaha itu tidak membuahkan hasil.

‘Si jago merah’ makin membesar dan menjalar ke bagian lain di kapal yang terbuat dari kayu itu. Melihat api semakin membesar, ketiganya memilih untuk menyelamatkan diri dan mencari bantuan.

Peristiwa yang menghebohkan warga itu, dibenarkan oleh Kasubbag Humas Polres Bitung, AKP Hermanses Katiandagho.

Dikatakannya, begitu mendapat informasi kejadian, personel piket fungi Polres Bitung bersama Kapolsek Aertembaga Iptu Gian Wiatma Jonimandala dan anggota segera mendatangi lokasi dan melakukan pengamanan.

“Tidak ada korban jiwa. Kerugian material kurang lebih Rp2 miliar,” ujar AKP Katiandagho, Kamis (05/08).

Dari hasil olah TKP sementara, lanjutnya, penyebab pasti kebakaran belum bisa diketahui, namun berdasarkan keterangan saksi bahwa api berasal dari mesin induk kapal.

“Api cepat membakar KLM Kasih Setia 01 karena kapal tersebut terbuat dari bahan kayu, sering memuat kelapa sawit dan BBM jenis solar sebanyak satu ton belum dikosongkan dari tangki kapal saat docking,” pungkas AKP Katiandagho.

Total
1
Shares
Related Posts