Polda Jabar Siaga Antisipasi Dampak Gempa Banten dan Status Waspada Gunung Tangkuban Parahu - Hasanah

Polda Jabar Siaga Antisipasi Dampak Gempa Banten dan Status Waspada Gunung Tangkuban Parahu

Gempa di Sumur, Provinsi Banten yang berkekuatan 7,4 SR terjadi sekira pukul 19.03 WIB, Jumat (02/08/2019).

Kabus Humas Polda Jaabr Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan Polda Jabar sudah memerintahkan Polres di jajaran Polda Jabar yang terdampak gempa untuk mendata korban dan dampak lain akibat gempa tersebut.

“Korban jiwa sampai saat ini dilaporkan nihil. Kami siap siaga untuk mengantisipasi dampak dari adanya gempa tersebut,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Sabtu (03/08/2019).

Sebagai langkah awal Polda Jabar dan Polres jajaran melakukan inventarisasi terhadap dampak gempa Banten dan segera melakukan langkah-langkah bantuan serta berkoordinasi dengan TNI dan SAR.

Status Gunung Tangkuban Parahu meningkat dari normal menjadi waspada.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Jawa Barat mengatakan pihaknya sudah mengerahkan 200 personel dari Polres Cimahi dan Polres Subang serta Brimob Polda Jabar.

Pasukan yang disiagakan berjumlah satu kompi atau setara 200 personel.

Anggota polisi yang berjaga pun turut diinstruksikan untuk lakukan patroli di sekitar kawasan Gunung Tangkuban Parahu.

“Polisi selalu siap siaga melalui patroli-patroli apabila dibutuhkan untuk proses evakuasi,” ucap Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Tndiko.

Trunoyudo menambahkan, hal tersebut dilakukan, untuk membantu pengamanan dan bersiaga untuk evakuasi apabila kembali terjadi erupsi.

Ada posko pengamatan yang sifatnya dalam rangka pelayanan dan pengamanan, di dalamnya terdapat unsur Brimob, Polres, dan Polsek.

Total
0
Shares
Related Posts