“Apalagi kalau sampai berjam-jam begini. Baiknya ada pemberitahuan sejak awal, bukannya setelah pemadaman baru menyebarkan permohonan maaf,” katanya.
Hal senada terucap dari Yoga (26) pengemudi mobil online yang mengalami kondisi serupa dengan pengemudi ojek online. Sejak listrik padam 300 pengemudi mobil online tidak bisa bekerja. Meskipun dalam kendaraan masih bisa mengisi daya telepon, namun kondisi jaringan ikut terganggu.
“Banyak driver yang tidak bekerja dan tidak mendapatkan orderan. Ada yang memaksakan mencari penumpang, tapi harus menunggu lama karena jaringan terganggu,” katanya.
Ia menjelaskan biasanya setelah mengantar penumpang langsung ada lagi orderan masuk, meskipun ketika ada orderan lain masuk pun prosesnya sampai 15 menit baru muncul di aplikasi. Namun listrik padam sejak pagi hingga malam membuat jaringan internet terganggu, sehingga berdampak pada penghasilan pengemudi mobil online.