AnyMind Group merilis laporan “The East Asia E-commerce Landscape 2024”

Perbedaan Perilaku Konsumen Mempengaruhi Keputusan Berbelanja
Dibandingkan dengan Asia Tenggara, perilaku konsumen sangat bervariasi di seluruh pasar di Asia Timur, yang mengarah pada promosi e-commerce yang berbeda untuk mendorong pembelian konsumen:
Di Tiongkok Daratan, karena lingkungan pasar e-commerce yang sangat kompetitif, konsumen terbiasa dengan perbandingan harga dan sensitif terhadap harga, menjadikan kekuatan diskon dari brand sebagai kekuatan pendorong dalam menarik konsumen Tiongkok untuk melakukan pemesanan dengan segera.
Konsumen Jepang senang mengumpulkan poin, dan fakta bahwa mereka dapat mengumpulkan poin adalah insentif besar untuk pembelian. Sebagai contoh, Rakuten Group di Jepang telah membentuk “Ekosistem Rakuten” dengan tingkat loyalitas konsumen yang tinggi melalui sistem di mana poin dapat diakumulasikan pada kartu kredit, saham, pembelian, dan sekuritas.
Pasar e-commerce di Korea Selatan didominasi oleh platform e-commerce lokal. Konsumen memiliki kesetiaan yang kuat terhadap platform e-commerce tepercaya mereka dan lebih memilih untuk berbelanja di platform e-commerce lokal terkenal yang menawarkan layanan lokal yang lengkap.