ASN Pemprov Jabar Kurban 36 Ekor Sapi dan 46 Domba, Kesluruhnya Di Serahkan Kepada Badan Amil Zakat Nasionl - Hasanah

ASN Pemprov Jabar Kurban 36 Ekor Sapi dan 46 Domba, Kesluruhnya Di Serahkan Kepada Badan Amil Zakat Nasionl

Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Jawa Barat tahun ini berkurban 36 ekor sapi dan 46 domba. Seluruh hewan kurban tersebut disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“ASN di Jabar kurban 36 sapi dan 46 domba itu dititip ke Baznas,” kata Plh Sekda Kota Bandung Daud Ahmad usai salah Idul Adha di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019).

Disinggung mengenai jumlah hewan kurban yang disembelih masyarakat, Daud mengaku belum menerima laporan total warga Jabar yang berkurban tahun ini.

“Kalau jumlah yang kurban se-Jabar saya belum terima laporan,” ungkap dia.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan setiap tahunnya jumlah hewan kurban yang disembelih warga meningkat. Hal ini menandakan kesejahteraan warga Jabar meningkat.

RK sendiri kurban seekor sapi jenis Simental seberat 652 kilogram di Masjid Raya Bandung.

“Setiap tahun kurban kita meningkat. Artinya ekonomi kita juga meningkat, masyarakat sejahtera. Yang dulunya gak bisa kurban, sekarang bisa,” tutur dia.

Ia memastikan dalam pemantaun di lapangan tidak ditemukan adanya hewan kurban yang sakit berbahaya atau menular.

“Kalau secara umum laporan tidak ada hal-hal yang signifikan menandakan qurban tahun ini relatif terkendali dengan baik kesehatan hewan,” ujar RK.

Selain di Masjid Raya Bandung, Ridwan Kamil dan keluarga juga menyembelih hewan kurban di rumah dinasnya. Menurut istri Gubernur yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jabar Atalia Praratya Kamil sapi tersebut disembelih atas nama karyawan Gedung Pakuan.

“Atas Rizki yang dicurahkan Allah SWT, disembelih satu ekor sapi atas nama karyawan Gedung Pakuan, Alhamdulillah,” kata Atalia. Nantinya, daging hewan kurban akan dibagikan ke karyawan dan masyarakat sekitar Gedung Pakuan.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar, kebutuhan hewan kurban baik kambing, domba, kerbau dan sapi mencapai 275 ribu ekor.

Total
0
Shares
Related Posts