Demam Serang India, Banyak Anak Meninggal

India diserang wabah demam misterius. (Foto: Getty Images/Yawar Nazir)

Hasanah.id – Demam dan badan yang basah kuyup oleh keringat kini menjadi hal yang menakutkan di India. Sudah lebih dari sepekan ini anak-anak di beberapa distrik di negara bagian Uttar Pradesh, India utara mengalami gejala tersebut.

Dikutip dari Independent, lebih dari 40 anak-anak dan 12 orang dewasa meninggal dunia karena demam, sementara ratusan orang tengah dirawat di rumah sakit bagian timur India, demikian laporan para pejabat setempat.

Mereka yang meninggal karena penyakit demam yang misterius tersebut dinyatakan negatif COVID-19 dan tidak ada hubungan yang ditemukan dengan pandemi yang tengah berlangsung.

Anggota parlemen yang berkuasa dari Partai Bharatiya Janata (BJP) Manish Asija dari Firozabad, menyebut situasinya mengkhawatirkan. Menurut dia, penyebab penyebaran wabah penyakit tersebut bisa jadi karena genangan air, kurangnya sanitasi, dan kebersihan.

Sejumlah pakar menduga penyakit itu merupakan demam berdarah. Namun, pemerintah juga membantah penyakit itu terkait dengan demam berdarah.

Adityanath menjelaskan bahwa demam misterius ini pertama kali terdeteksi pada 18 Agustus lalu. Saat itu, keluarga pasien memulai perawatan di rumah sakit swasta dan klinik.

“Ketika pemerintah distrik mengetahui mengenai demam itu, mereka mendirikan isolasi untuk anak-anak, di mana tiga anak kemudian dilaporkan meninggal dunia dalam dua hari belakangan. Dua dari tiga anak itu sudah meninggal saat dibawa ke rumah sakit,” ucap Adityanath, seperti dikutip Hindustan Times.

“Bangsal terpisah telah dibuat untuk demam yang mencurigakan ini di Firozabad dan bangsal khusus COVID-19 telah disediakan sebagai bangsal terpisah,” tambah Adityanath.

Beberapa sekolah kembali ditutup khususnya di tempat yang terdampak, di tengah keputusan pemerintah yang sudah mengizinkan kembali sekolah tatap muka setelah lama absen karena pandemi.

Total
1
Shares
Related Posts