Hypefast menemukan bahwa 90% responden telah berbelanja local brand pada 3 bulan terakhir. Pada saat bersamaan, 70% responden mengaku secara aktif mencari local brand ketika melakukan pembelian dengan 20% selalu memilih local brand, sementara sisanya masih mempertimbangkan local brand.
Preferensi Konsumen dalam Memilih Local Brand
Berdasarkan kategori produk, fashion menjadi yang paling populer lantaran dicari oleh 90% responden. Peringkat kedua ditempati produk kecantikan seperti perawatan kulit dan kecantikan; disusul produk alas kaki pada peringkat ketiga dengan masing-masing sebanyak 60% dan 50% responden.
Achmad Alkatiri, CEO dan Founder Hypefast mengatakan bahwa pelanggan mendapatkan informasi brand atau produk lokal paling banyak berasal dari media sosial. Pilihan saluran belanja 98% responden ialah loka pasar atau marketplace. Walaupun demikian, offline store juga masih menarik di mana 70% responden mengatakan berbelanja secara luring masih menjadi pilihan yang disukai.