“Dengan dana sebesar itu, dalam setahun semua jalan provinsi bisa selesai diperbaiki. Bahkan, kebutuhan Rp 4 triliun saja sudah cukup untuk melapisi jalan dengan dua lapis aspal berkualitas tinggi,” tambahnya.
Dedi juga mengusulkan bahwa sisa anggaran dari pajak kendaraan bisa dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur tambahan, seperti flyover, underpass, serta sistem transportasi modern seperti LRT dan BRT.
“Kita perlu berpikir bagaimana mengelola anggaran ini dengan konsisten agar manfaatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ungkapnya.
Menurut data Open Data Jabar, total panjang jalan provinsi di Jawa Barat mencapai 2.200 kilometer dengan lebar bervariasi antara 4 hingga 7 meter. Namun, beberapa ruas jalan utama masih mengalami kerusakan yang signifikan. Kabupaten Sukabumi mencatat ruas jalan rusak terpanjang sebesar 33,58 kilometer, diikuti Kabupaten Cianjur sepanjang 33,29 kilometer, dan Kabupaten Garut mencapai 20,22 kilometer. Kabupaten Bogor dan Karawang masing-masing memiliki jalan rusak sepanjang 15,53 kilometer dan 10,29 kilometer.