Kembali, Penyelunduran Narkoba Digagalkan Badan Narkotika Nasional

Narkoba Gagal Diselundupkan
BNN menggagalkan penyelundupan 342 kg sabu asal Thailand di Aceh. (Foto: dok. BNN)

Narkoba jenis sabu seberat 234 kilogram asal Thailand berhasil dicegah masuk oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Penyelundupan sabu ke Aceh ini berhasil digagalkan beserta enam orang tersangka.

Penangkapan dilakukan di dua tempat beberapa waktu lalu. Di lokasi pertama di Idi Rayeuk, BNN menangkap 1 tersangka dengan barang bukti 105,4 kg narkoba jenis sabu. Saat ditangkap, petugas menemukan 100 bungkus teh cina berwarna hijau yang terbagi dalam empat karung terpisah. Diduga barang tersebut merupakan narkotika dengan berat total mencapai 105,5 kilogram.

Kemudian, di lokasi kedua, di Pulai Berueh, BNN menangkap lima tersangka dengan barang bukti 218,8 kg. Setidaknya, tim menangkap lima tersangka penyelundupan narkoba yang masing-masing berinisial B alias Y (39), T alias CM (52),ES alias E (26), AN alias WY
(44), dan Ay alias R (52).

Modus operandi, kata Deputi Pemberantasan BNN RI, para tersangka menyelundupkan narkoba dengan menjemput Barang bukti di laut Thailand Selatan, kemudian diserahkan antar kapal ke kapal (ship to ship) menggunakan perahu boat.

Selain itu mereka melintasi perairan Malaysia kemudian dibawa ke Aceh. “Saat ini barang bukti narkoba dan tersangka sudah berada di gedung BNN Cawang, Jakarta Timur untuk dikembangkan penyidikannya,” pungkas Irjen Pol Drs Arman Depari.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat(2) Jo Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 112 ayat(2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus Reinhard Golose menyatakan bahwa kejahatan narkotika merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary) sehingga perang melawan narkotika, atau yang biasa diserukan dengan slogan war on drugs, menjadi perhatian khusus BNN dan didukung jajaran Kedeputian Brantas dan BNNP di seluruh Indonesia.

Total
3
Shares
Related Posts