Rizieq Shihab Jalani Putusan Banding Hari Ini - Hasanah

Rizieq Shihab Jalani Putusan Banding Hari Ini

Rizieq Shihab
Eks Imam Besar FPI, Rizieq Shihab. (AP/Achmad Ibrahim)

Hasanah.id, Jakarta – Rizieq Shihab akan mengikuti persidangan putusan banding terkait perkara swab RS Ummi, Senin (30/08) di Pengadilan Tinggi DKI. Diketahui, dalam kasus tes swab RS Ummi Bogor, hakim menjatuhkan vonis pidana empat tahun penjara bagi Mantan Imam Besar FPI tersebut.

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum dalam perkara tersebut. Jaksa sebelumnya menuntut Rizieq selama 6 tahun penjara dalam kasus tersebut.

Anggota tim kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan, rencananya sidang akan digelar pukul 09.00 WIB. Meskipun demikian, putusan banding tersebut tidak digelar untuk umum termasuk awak media.

Sementara itu, diperoleh informasi bahwa Sebanyak 1.149 personel gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk mengamankan sidang putusan banding tersebut. Kapolsek Cempaka Putih Kompol Ade Rosa mengatakan, kepolisian sudah menyiapkan pengamanan untuk mengawal jalannya persidangan Rizieq.

“Kita siapkan pengamanan, untuk detailnya silakan ke Polres,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Kuasa Hukum Muhammad Rizieq Shihab (MRS), Sugito Atmo Prawiro mengatakan, saat ini pihaknya telah melayangkan berkas banding perkara swab test kliennya di RS UMMI ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

“Kalau di tingkat banding terkait dengan RS UMMI, kami berharap itu bebas. Kalau misalnya hakim berpendapat lain, tolonglah hukum seadil-adilnya,” katanya.

Dalam putusan tingkat pertama, Majelis Hakim menyatakan bahwa terdakwa Rizieq Shihab terbukti secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan penyiaran berita bohong dan timbulkan keonaran.

Total
3
Shares
Related Posts